Contoh Program dengan VB

Kalkulator Sederhana

Download disini ya

Aplikasi Penjumlahan/ Pengurangan

Download disini yach

Advertisements

Mengenal Peninggalan Sejarah Museum Perjuangan Rakyat Bali

museum perjuangan rakyat Bali

Museum Perjuangan Rakyat Bali adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika pergi ke Bali. Monumen ini didirikan pada tahun 1980, berdasarkan ide dari Dr. Ida Bagus Mantra yang mana saat itu adalah Gubernur Bali. Ide itu di keluarkan tentang museum dan monumen untuk perjuangan rakyat Bali. Lalu pada tahun 1981 diadakan sayembara desain monumen di dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana. Lalu pada tahun 1988 merupakan peletakan batu pertama dan baru selesai kurang lebih 13 tahun pembangunan monumen selesai. Tahun 2001, bangunan fisik monumen telah selesai. kemudian pengisian dan penataan lingkungan monumen dilakukan. Dan dibuka secara umum pada bulan Juni 2003 dilakukan oleh Presiden RI yakni Ibu Megawati Soekarnoputri.

Museum ini terletak di Jalan Ida Bagus Mantra. Tepatnya di kawasan lapangan puputan Niti Mandala Renon. Di dalamnya terdapat sebuah monument yang sangat terkenal yaitu monument bajra sandhi yang mana menaranya tinggi menjulang. Museum ini berada di tengah-tengah lapangan puputan niti mandala renon, sehingga sering kali menjadi pusat perhatian bagi pengunjung lapangan renon karena arsitekturnya yang sangat indah dan unik, kebersihannya yang selalu terjaga, juga karena adanya monument bajra sandhi tersebut.

bajra sandhi

Untuk tiket masuk saya mengeluarkan kocek 10 ribu untuk dua orang, jadi setiap orang dewasa @ Rp. 5.000,-. Harga tiket masuk sangat variatif, karena dibedakan untuk turis domestik dan turis mancanegara. Monumen ini berada diluas tanah 138.830 meter persegi dan luas bangunan 4.900 meter persegi. Museum ini terdiri dari 3 tingakatan lantai dan sebuah puncak menara. Lantai dasar marupakan kawasan pertama saat kita pertama memasuki gerbang. Di lantai kedua kita bisa menikmati indahnya ikan-ikan cantik sambil menikmati pemandangan lapangan renon dari ketinggian. Dan di lantai ketiga, terdapat sebuah galeri lukisan yang berisikan sejarah-sejarah rakyat Bali. Ada juga 17 diorama yang mengiahkan berbagai kisah perjuangan rakyat Bali. Disana juga tersedia jasa photographer. Kemudian di tengah- tengah ruangan lantai 3 terdapat kolam ikan yag cukup besar, berbentuk lingkaran. Dimana di atasnya terdapat sebuah tangga spiral berjumlah ±100 anak tangga yang mana akan membawa kita pada puncak menara dari bajra sandhi. Dalam ruangan menara yang berdiameter ± 5 meter ini, kita bisa menikmati indahnya kota dari ketinggian. Pasti cukup indah jika dilihat pada waktu malam. Namun, sayangnya museum inii tidak buka pada malam hari,, alias tutup…. ^-^

Pantai Sanur ”Surganya Sunrise”

Pantai sanur merupakan salah satu pantai indah yang menghiasi Pulau Bali. Pantai ini terletak di Desa Sanur. letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar atau ± km dari Kota Denpasar.Untuk mencapai pantai sanur kira-kira memerlukan waktu ± 15 menit dari pusat kota Denpasar, dengan mengendarai kendaraan roda 2. akses menuju pantai juga bisa dengan mudah menggunakan kendaraan roda 4.

Untuk bisa memasuki areal pariwisata pantai yang selalu ramai dikunjungi ini, kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2000,00 (untuk kendaraan roda 2). Sambil menikmati indahnya pantai sanur, kita di areal jalan setapak menuju pantai, kita disediakan berbagai macam barang-barang kerajinan khas Bali. Selain itu juga tersedia berbagai macam makanan dari kelas restaurant hingga pedagang kaki lima dengan harga yang relative murah. Jadi pengunjung bebas memilih, disesuaikan dengan kondisi keuangan. Makanan yang paling khas di pantai sanur ini yaitu “jagung bakar” dan “lumpia”.

Lumpia adalah sebuah makanan cemilan yang bentuknya mirip seperti lumpia, namun teksturnya lebih panjang dan lebih kering, renyah. Dicampur dengan kripik temped an tahu goreng. Disajikan dengan cara dipotong-potong , dibalur dengan bumbu kacang dicampur dengan tepung sehingga agak kental. Ditaburi irisan cabai hijau untuk menambah sensasi pedas bagi pecinta pedas. Sangat nikmat dinikmati hangat, terlebih saat menggigil kedinginan setelah bermain air pantai ataupun karena kencangnya angin laut. Seporsi lumpia ini dibandrol seharga Rp 5000,00 sedangkan untuk jagung bakar dibandrol dengan harga Rp 4000,00. Murah bukan?? Bagi anda yang menyukai seluncur di sini juga disewakan papan kano.

Pemandangan pantai Sanur juga terlihat indah pada sore hari, karena keadaan air laut biasanya surut dan gelombangnya merupakan riak kecil. Gugusan pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di seberang laut terlihat dari Pantai Sanur sebelah Selatan. Panorama pantai Sanur sebelah Selatan lebih indah dilihat pada pagi hari. Tempat meninjau yang strategis adalah bagian Timur, di Semawang dan Mertasari. Keadaan udara di sana terasa segar dan bertiup angin laut yang nyaman. Suasana di sepanjang pantai Sanur terang dan teduh karena penuh dengan pohon besar.

keunggulan Pantai Sanur yaitu, sunrisenya. Banyak turis yang sengaja datang hanya untuk menikmati keindahan matahari terbit(Sun Rise) yang disuguhkan disini sambil berjemur di sepanjang pantai yang berpasir putih.Tentu saja ditempat lain kita juga bisa menikmati keindahan sunrise, namun tidak akan seindah jika kita menikmati sunrise di Pantai Sanur disertai padu-padan suasana serta penganannya. Sehingga patut dicoba…

Pasar Badung sebagai “Tradisional Market” terbesar di Denpasar

pasar badung
Pasar badung merupakan pasar tradisional terbesar di Denpasar. Pasar ini terletak ±1 km dari pusat Kota Denpasar, tepatnya terletak di kawasan pertokoan Jalan Gajah Mada. Pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan seperti, buah, sayur, kebutuhan pokok, piranti rumah tangga, peralatan upacara, perlengkapan sekolah, perlengkapan pesta, hingga barang-barang kesenian dan sebagainya
Selayaknya pasar pada umumnya, pasar badung merupakan tempat yang murah untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan yang diperlukan. Kelebihannya,selain karena bebas menawar, pasar badung juga merupakan tempat berkumpulnya para pedagang-pedagang besar. Sehingga kita bisa mendapatkan harga langsung dari tangan pertama yang pastinya lebih murah. Karena hal ini pulalah banyak para pedagang eceran yang berdagang di warung, di rumah maupun pedagang keliling yang berbelanja di pasar badung. Jadi ketika mengunjungi pasar badung jangan lupa untuk menawar. Karena bisa jadi barang yang ingin kita beli harganya ½ harga dari yang ditawarkan, alias kita bisa mendapatkan harga hingga 50% lebih murah dari harga awal. Asalkan, ditawar ya……
Pasar Badung banyak dikunjungi oleh wisatawan, disamping mereka dapat menyaksikan proses jual beli dari pedagang kepada pembeli yang masih terkesan tradisional dimana terdapat transaksi tawar menawar, adanya tenaga suun (membawa barang dagangan). Untuk bisa menikmati jasa suun ini, kita cukup mengeluarkan biaya kisaran Rp 3000,00 hingga Rp 5000,00 tergantung jumlah barang “suunan”. Mereka juga dapat menikmati wisata kuliner tradisional dan membeli aneka barang kerajinan khas Bali yang tentunya memiliki selisih harga yang lebih murah dibandingkan di swalayan dan supermarket .
Pasar Badung memiliki waktu operasional setiap hari dimana buka dari pagi dini hari hingga larut malam. Bahkan dapat dibilang bahwa pasar ini tidak pernah sepi akan pengunjung karena waktu operasional hampir mencapai 24 jam sehari. Meskipun demikian, setiap pedagang seperti memiliki “jam tayang” tersendiri. Misalnya, pedagang yang kita temukan pagi hari biasanya akan tutup pada sore hari, dan digantikan oleh pedagang lain yang berjualan di tempat yang sama. Biaya retribusi untuk kendaraan roda dua yaitu Rp 1000,00. Untuk kendaraan roda 4 sebesar Rp 2000,00. Sedangkan untuk biaya sewa tempat pedagang persekali dagang yaitu sebesar Rp 25.000,00 – Rp 50.000,00, tergantung ke-strategis-an tempat berdagang. Semakin strategis posisi, tentunya biaya sewa semakin mahal. Sedangkan untuk biaya ruko/ kios mencapai >Rp 5.000.000,00/tahun. Mahalnya biaya tentu tidak masalah bagi pedagang, karena keuntungan yang diperoleh pastinya cukup besar.

cara yang lebih flash…


Mengajari anak membaca itu memang bukan hal yang mudah, apalagi jika objeknya adalah anak balita yang masih belum berkemauan untuk belajar. namun justru ini adalah tantangan buat temen2 yang pengen jadi calon guru, karena disini justru kita belajar memperluas rasa sabar dan melatih pemahaman terhadap anak. terlebih lagi buat temen- yang memang senang dan hobi denagn anak-anak. lebih jauh lagi ini juga menjadi tantangan bagi para ibu-ibu yang ingin membuat anak balitanya menjadi lebih cerdas.
pada posting sebelumnya telah saya jelaskan cara yang bisa dipergunakan untuk mengajari anak membaca dengan menggunakan cara manual, yang saya sebut teknik QIROATI. karena pada dasarnya mengikuti metode qiroati(cara membaca alquran untuk islam).cara ini cukup cepat untuk mengajari anak alita membaca.

cara lain yang sedang trend saat ini adalah mengajari anak membaca dengan menggunakan “flash card”. Flash card adalah kartu permainan yang dilakukan dengan cara menunjukkan sebuah kartu secara cepat. hal ini mampu memicu otak balita dalam menerima informasi di hadapan mereka.

Lalu, bagaimanakah flash card itu??

pada dasarnya saat ini sudah banyak tempat yang memperjualbelikan flash card denagn berbagai macam fungsi. jadi untuk memperoleh flash card secara instan bukanlah hal yang sulit. namun kita juga bisa membuatnya sendiri dengan kreasi pribadi, karena cara membuatnya pun sangatlah mudah.
Cara membuat flashcard:
1. Potonglah beberapa lembar kertas berwarna putih,
berukuran 10cm x 7cm. Tempelkan kertas di atas kertas tebal(karton) yang ukurannya sama dengan kertas berwarna putih.
2. Buatlah kartu sebanyak kata yang ingin dipelajari anak, dnegan ukuran yang sama sperti no 1.
3. Di setiap potongan, tulis besar-besar huruf/ kata yang diinginkan.jika kita mengajari anak membaca alfabet, tulislah huruf alfabet 1 kartu 1 huruf. jika kita mengajari anak membaca suku kata, tulislah suku per sku kata di tiap kertas tadi, dan seterusnya.
4. Warna kartu dan ukuran kartu dapat disesuaikan dengan kreasi(ukuran minimal 10cm x 7cm). dapat pula kartu diberikan gambar agar lebih menarik minat anak.

Bagaimana cara memainkannya??
1. Ambil 10 kartu flash(flash card)Tunjukkan kartu satu per satu, sambil membacakan kata yang tertera dengan jelas.pada saat awal dapat ditunjukkan secara lambat.
2. Ulangi lagi menunjukkan flash card sebanyak 5x(disesuaikan) dengan kecepatan yang lebih cepat.
3. Latih anak untuk membaca kartu dengan urutan yang sama sepert yang kita tunjukkan di awal, setelah itu acak kartu.
4. lakukan selama 15 menit, yang diakhiri dengan memuji anak dan melakukan tos ringan dengan anak.
5. hentikan kegiatan jika anak mulai bosan atau selingi dengan kegiatan yang lain.
6. ulangi hingga anak menguasai pada pertemuan berikutnya, kemudian ganti 5 kartu lama denagn kartu baru.ulangi permainan denagn cara yang sama hingga anak menguasai seluruh flash card yang diinginkan.
7. banyak kartu yang dimainkan dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.tambahkan kartu secara terus menerus hingga bertambah level kesulitannya.

mudah bukan???!!!
selamat mencoba ya

matematika itu indah

pada umumnya anak memang takut pada matematika. menganggap bahwa matematika itu sulit dan ribet. padahal mereka haya tidak sadar 1 hal bahwa matematika itu pelajaran yang hierarkis,, saling berkaitan satu sama lain. jadi kalau bab 1 belum dipelajari akan sulit untuk memahami bab 2. layaknya anak tangga, jika kita berada di anak tangga pertama,mudah melompat untuk ke anak tangga ke dua. namun akan sulit untuk melompat ke anak tangga ke lima. jadi pelajari matematika secara bertahap dan tekun dengan latihan. jangan mudah menyerah,, maka matematika akan menjadi mudah…

membaca cepat anak usia 4-5 tahun

level 1

a b c

a a a a b b b b c c c c
a a a b a a b a a b a a
b b b a b b a b b a b b
c c c c c c c c a c c
c b c c b b c c b c c b
c b a c b a
c a c b b a a a c c b a
b b a c c a b a c c a b
b a a c b b a a c c c c
c c a b b a a c b b c a
b c b b b c c c a c a c
c b a c b a

Cara membaca untuk menghafal huruf alfabet seperti di atas sangat efektif untuk anak-anak.cara ini mengikuti metode qiro’ati yang digunakan untuk anak mengaji. guru/pengajar hanya perlu melafalkan terlebih dahulu kemudian anak mengikuti. jika anak belum ingat, guru/ pengajar hanya perlu mengulangi. alokasi waktu yang diperlukan hanya 15-30 menit sehari. jika dilaksanakan 3 hari dalam seminggu anak akan mampu membaca alfabet sekitar satu bulan. jika dilakukan setiap hari tentu akan lebih cepat.jangan dilanjutkan ke huruf brikutnya jika anak belum menguasai. ini akan memudahkan anak untuk mengingat tanpa paksaan.

silahkan mencoba untuk kumpulan huruf alfabet lain seperti d e f,g h i, dan j k l dengan cara yang sama seperti di atas.

Level 2

*EVALUASI 1*
belajar merangkai dengan gabungan huruf “ng dan ny”
(guru atau pengajar mencontohkan bunyi terlebih dahulu)

me-nga-la me-nga-nga
me-nga-du me-ngi-ba
me-nya-pu le-ma-ri
se-pa-tu pe-li-ta
me-nya-nyi me-nga-pa
bu-ku-nya
si-nga nyu-ci
me-nga-ji nyi-ta
me-ngi-ra ku-tu-nya
me-ngu-ji bu-ku-nya
te-li-nga bu-nga-nya
me-la-ti me-ra-sa
me-nya-pu

*adi punya sepatu baru
*bunga melati ada dua
*menyapa sodara lama

*EVALUASI 2*
belajar dengan gabungan huruf “ng dan ny”
(guru/pengajar mencontohkan terlebih dahulu)

ba-ngo me-nya-la
me-nga-pa me-nya-pa
ke-na-pa me-ma-nyi
me-nga-ma-ti me-nyi-ta
bu-wa-na le-ma-ri
de-wa-sa
Melayani mengamati
Memahami melapisi
Menyalami mengawasi
Mengabari menyudahi
Mengali menugasi
Mengayomi menyadari
mengalasi

*dio mengajari kami
*nia menyanyi lagu bali
*tia menyalami guru-guru

belajar dengan merangkaikan suku kata dengan huruf- huruf konsonan seperti h,k,l,m,n,s,r,t,p dan ng

Cah-cih-cuh-coh-ceh

cah Cih cuh coh ceh
dah Dih duh doh deh
Fah Fih fuh foh feh
gah Gih guh goh geh
hah Hih huh hoh heh
Jah Jih juh joh jeh
Kah Kih kuh koh keh
Lah Lih luh loh leh
mah mih muh moh meh
nah Nih nuh noh neh
pah Pih quh qoh qeh
Rah Rih suh toh the
vah wih yuh zoh zeh
nyah nyih nyuh nyoh nyeh
ngah ngih nguh ngoh ngeh

pa-tah rah-ma ra-mah
cah-ya sah-du ga-jah
de-sah lu-suh ku-muh
tah-ta se-dih su-sah
pu-tih li-rih lu-rah
yah-ya ma-mah pa-pah
su-dah pa-yah ga-gah
ja-rah
pe-cah bu-ruh ko-koh
ri-sih mu-dah je-rah
de-nah nga-lah nye-pi
nyo-ba nya-ri nga-du
me-nge-luh me-nyu-ruh me-ngo-lah

*sarah punya gajah
*dio selalu bahagia
*ria selalu mengalah

bak-bik-buk-bok-bek

bak Bik buk bok bek
cak Cik cuk cok cek
dak Dik duk dok dek
fak Fik fuk fok fek
gak Gik guk hok hek
hak Hik juk jok jek
kak Kik kuk kok kek
lak Lik luk mok mek
nak Nik nuk nok nek
pak Pik puk qok qek
rak Rik suk sok tek
vak Vik wuk wok wek
zak Zik zuk zok zek
nyak nyik nyuk nyok nyek
ngak ngik nguk ngok ngek

fak-ta ta-mak se-sak
pu-puk mak-na sak-si
bak-ti ko-tak ru-sak
ka-pak bo-tak ci-cak
cu-cuk ka-tak ga-lak
ka-pak
de-rik co-lek nyu-rik
ne-nek jo-rok bo-nyok
nge-rik ba-nyak nga-jak
pe-kik ja-rak do-ngak
to-lak
pu-ruk ne-nek ka-kek

*banyak gajah di sana
*ayah punya kapak
*kakek suka jerapah

bal-bil-bul-bol-bel

bal bil bul bol bel
cal cil cul col cel
dal dil dul dol del
fal fil ful fol fel
gal gil gul hol hel
hal hil jul jol jel
kal kil kul kol kel
lal lil lul mol mel
nal nil nul nol nel
pal pil pul qol qel
ral ril sul sol tel
val vil wul wol wel
zal zil zul zol zel
nyal nyil nyul nyol nyel
ngal ngil ngul ngol ngel

fi-fil ga-gal hi-hil
be-tul ga-gal tu-yul
pu-zel si-sil re-rel
tu-tul nyi-nyil ngu-ngul
ke-cil
ke-bal ngu-cil bu-dal
de-kil u-nyil ba-nyol
ku-bil nye-tel mu-ngil

me-nge-cil me-ngu-til me-nyi-cil
me-nye-tel Me-nge-pel me-mu-kul
me-me-kik me-li-rik me-nga-duh

*tia-ra menyetel lagu
*budi memukul bola
*melodi memanah kuda

bam-bim-bum-bom-bem

bam bim bum bom bem
cam cim cum com cem
dam dim dum dom dem
fam fim fum fom fem
gam gim gum hom hem
ham him jum jom jem
kam kim kum kom kem
lam lim lum mom mem
nam nim num nom nem
pam pim pum qom qem
ram rim sum som tem
vam vim wum wom wem
zam zim zum zom zem
nyam nyim nyum nyom nyem
ngak ngik nguk ngok ngek

ba-bam ci-cim fe-fem
go-gom hu-hum ka-kan
re-rem la-lam ko-kom
su-ram
ko-lam ko-lom ga-ram
sum-bu lum-bu bum-bu
ngom-pa kom-pi rom-pi
si-lam hi-tam le-gam
ram-bu lam-pu jam-bu
me-nye-lam
me-nye-tel me-ma-nah me-me-kik
pe-nye-lam me-nyam-bi me-mom-pa
me-ma-sak se-ram-bi me-mu-puk

* ibu membeli garam
*ayah memanah kuda
*fia memetik jambu

ban-bin-bun-ben-bon

ban bin bun bon ben
can cin cun con cen
dan din dun don den
fan Fin fun fon fen
gan gin gun hon hen
han hin jun jon jen
kan kin kun kon ken
lan Lin lun mon men
nan nin nun non nen
pan pin pun qon qen
ran Rin sun son ten
van vin wun won wen
zan zik zuk zon zen
nyan nyik nyuk nyon nyen
ngan ngik nguk ngon ngen

ba-ban ci-cin do-don
mi-min li-lin ri-rin
ngi-ngin pa-pan si-sin
ma-kan
a-ngin ran-cu pa-man
a-kan ra-cun do-yan
i-ngin hu-jan hin-du
gan-ti ran-du pin-tu
ko-lam
bik-su sal-ju pal-su
fak-ta pu-puk man-tan
jam-bu lom-ba su-ram

*ada hujan angin disini
*kapuk untuk bantal
*ibu lomba masak

bap-bip-bup-bop-bep

bap bip bup bop bep
cap cip cup cop cep
dap dip dup dop dep
fap Fip fup fop fep
gap gip gup hop hep
hap hip jup jop jep
kap kip kup kop kep
lap Lip lup mop mep
nap nip nup nop nep
pap pip pup qop qep
rap Rip sup sop tep
vap vip wup wop wep
zap zip zup zop zep
nyap nyip nyup nyop nyep
ngap ngip ngup ngop ngep

bar-bir-bur-bor-ber

bar Bir bur bor ber
car Cir cur cor cer
dar Dir dur dor der
far Fir fur for fer
gar Gir gur hor her
har Hir jur jor jer
kar Kir kur kor ker
lar Lir lur mor mer
nar Nir nur nor ner
par Pir pur qor qer
rar Rir sur sor ter
var Vir wur wor wer
zar Zir zur zor zer
nyar nyir nyur nyor nyer
ngar ngir ngur ngor nger

bas-bis-bus-bos-bes

bas Bis bus bos bes
cas Cis cus cos ces
das Dis dus dos des
fas Fis fus fos fes
gas Gis gus hos hes
has His jus jos jes
kas Kis kus kos kes
las Lis lus mos mes
nas Nis nus nos nes
pas Pis pus qos qes
ras Ris sus sos tes
vas Vis wus wos wes
zas Zis zus zos zek
nyas nyis nyus nyos nyes
ngas ngis ngus ngos nges

bat-bit-but-bot-bet

bak Bit but bot bet
cak Cit cut cot cet
dak Dit dut dot det
fat Fit fut fot fet
gat Git gut hot het
hat Hit jut jot jet
kat Kit kut kot ket
lat Lit lut mot met
nat Nit nut not net
pat Pit put qot qet
rat Rit sut sot tet
vat Vit wut wot wet
zat Zit zut zot zet
nyat nyit nyut nyot nyet
ngat ngik ngut ngot nget

bang-bing-bung-bong-beng

bang bing bung bong beng
cang cing cung cong ceng
dang ding dung dong deng
fang fing fung fong feng
gang ging gung hong heng
hang hing jung jong jng
kang king kung kong keng
lang ling lung mong meng
nang ning nung nong neng
pang ping pung qong qeng
Rang ring sung song teng
vang ving wung wong weng
zang zing zung zong zeng
nyang nying nyung nyong nyeng
ngang nging ngung ngong ngeng

alokasi waktu yang diperlukan untuk level 2 ini sama yaitu 15-30 menit/hari. jika dilakukan selama 3 kali seminggu anak akan mampu mulai membaca dalam waktu sekitar 2-3 bulan. tentu jika dilakukan setiap hari anak akan menjadi lebih cepat bisa membaca dengan lancar. guru/ pengajar hanya perlu mengulangi kata jika sang anak lupa cara membaca denagn benar. jangan lanjutakan pada tahap berikutnya jika anak belum menguasai dengan baik tahap sebelumnya. ini akan memudahkan anak belajar tanpa beban dan pasti bisa membaca. selamat mencoba…..

related posts:
cara mudah dan murah mengajari balita membaca
“kubaca” metode cepat mengajari balita membaca

Latihan soal-soal UAS kelas 6

A. Latihan-latihan soal

1. 8 × 137 = 8 × (100 + 30 + …)

= (8 × 100) + (8 × …) + (8 ×

= … + … + …

= ….

2. 79 × 6 = (70 + …) × 6

= (70 × 6) + ( … × 6 )

= … + …

= ….

3. 5 × 89 = 5 × (90 – 1 )

= (5 × …) – (5 × …)

= … – …

= ….

4. 6 × 68 = 6 × ( … – 2)

= (6 × …) – (6 × …)

= … × …

= ….

5. (7 × 6) + (7 × 4)

= 7 × ( … + …)

= 7 × …

= ….

B. Tentukanlah FPB dari bilangan-bilangan berikut!


1. 36, 24, dan 54

2. 38, 62, dan 88

3. 35, 45, dan 60

4. 38, 54, dan 62

5. 30, 40, dan 50

C. Tentukanlah KPK dari bilangan-bilangan berikut.

1. 128, 130, dan 144

2. 36, 48, dan 52

3. 35, 40, dan 50

4. 18, 30, dan 8

5. 52, 60, dan 76

D. Tentukanlah KPK dan FPB dari bilangan-bilangan berikut.

1. 18 dan 24

2. 45 dan 60

3. 180 dan 240

4. 70, 80 dan 90

5. 150, 175, dan 195

D. Hitunglah soal- soal berikut ini.

1. Lampu A menyala tiap 15 detik, lampu b meyala tiap 20 detik. jika pada awalnya dinyalakan bersamaan, maka lampu itu akan menyala bersama lagi setiap…detik.

2. Pak komang ke swalayan setiap 3 hari sekali, dan bu Putu tiap 4 hari sekali. Mereka belanja bersama tiap hari sabtu. Kapan mereka akan belanja bersama lagi?

3. Ria berkunjung ke perpustakaan setiap 8 hari sekali, Budi datang setiap 6 hari sekali. Sedangkan Ina datang tiap 4 hari sekali. Jika pada hari Rabu mereka belajar bersama di perpustakaan, Kapan lagi mereka akan belajar bersama?

4. Jumlah FPB dan KPK dari 144 dan 96 adalah…

5. Berapakah KPK dan FPB dari 210, 280 dan 420?

E. Kerjakanlah soal-soal berikut.

1. Diketahui volume sebuah kubus 343 cm3. Berapa sentimeter panjang rusuk kubus tersebut?

2. Sebuah bak mandi yang berbentuk kubus memiliki volume 1.000 dm3. Berapa desimeter panjang rusuk bagian dalam bak mandi tersebut?

3. Sebuah tempat minuman berbentuk kubus memiliki volume 729 cm3. Tentukan panjang rusuk tempat minuman tersebut.

related posts :
kumpulan soal-soal matematika kelas 6
materi matematika UN SD