museum perjuangan rakyat Bali

Museum Perjuangan Rakyat Bali adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika pergi ke Bali. Monumen ini didirikan pada tahun 1980, berdasarkan ide dari Dr. Ida Bagus Mantra yang mana saat itu adalah Gubernur Bali. Ide itu di keluarkan tentang museum dan monumen untuk perjuangan rakyat Bali. Lalu pada tahun 1981 diadakan sayembara desain monumen di dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana. Lalu pada tahun 1988 merupakan peletakan batu pertama dan baru selesai kurang lebih 13 tahun pembangunan monumen selesai. Tahun 2001, bangunan fisik monumen telah selesai. kemudian pengisian dan penataan lingkungan monumen dilakukan. Dan dibuka secara umum pada bulan Juni 2003 dilakukan oleh Presiden RI yakni Ibu Megawati Soekarnoputri.

Museum ini terletak di Jalan Ida Bagus Mantra. Tepatnya di kawasan lapangan puputan Niti Mandala Renon. Di dalamnya terdapat sebuah monument yang sangat terkenal yaitu monument bajra sandhi yang mana menaranya tinggi menjulang. Museum ini berada di tengah-tengah lapangan puputan niti mandala renon, sehingga sering kali menjadi pusat perhatian bagi pengunjung lapangan renon karena arsitekturnya yang sangat indah dan unik, kebersihannya yang selalu terjaga, juga karena adanya monument bajra sandhi tersebut.

bajra sandhi

Untuk tiket masuk saya mengeluarkan kocek 10 ribu untuk dua orang, jadi setiap orang dewasa @ Rp. 5.000,-. Harga tiket masuk sangat variatif, karena dibedakan untuk turis domestik dan turis mancanegara. Monumen ini berada diluas tanah 138.830 meter persegi dan luas bangunan 4.900 meter persegi. Museum ini terdiri dari 3 tingakatan lantai dan sebuah puncak menara. Lantai dasar marupakan kawasan pertama saat kita pertama memasuki gerbang. Di lantai kedua kita bisa menikmati indahnya ikan-ikan cantik sambil menikmati pemandangan lapangan renon dari ketinggian. Dan di lantai ketiga, terdapat sebuah galeri lukisan yang berisikan sejarah-sejarah rakyat Bali. Ada juga 17 diorama yang mengiahkan berbagai kisah perjuangan rakyat Bali. Disana juga tersedia jasa photographer. Kemudian di tengah- tengah ruangan lantai 3 terdapat kolam ikan yag cukup besar, berbentuk lingkaran. Dimana di atasnya terdapat sebuah tangga spiral berjumlah ±100 anak tangga yang mana akan membawa kita pada puncak menara dari bajra sandhi. Dalam ruangan menara yang berdiameter ± 5 meter ini, kita bisa menikmati indahnya kota dari ketinggian. Pasti cukup indah jika dilihat pada waktu malam. Namun, sayangnya museum inii tidak buka pada malam hari,, alias tutup…. ^-^