Mengajari anak membaca itu memang bukan hal yang mudah, apalagi jika objeknya adalah anak balita yang masih belum berkemauan untuk belajar. namun justru ini adalah tantangan buat temen2 yang pengen jadi calon guru, karena disini justru kita belajar memperluas rasa sabar dan melatih pemahaman terhadap anak. terlebih lagi buat temen- yang memang senang dan hobi denagn anak-anak. lebih jauh lagi ini juga menjadi tantangan bagi para ibu-ibu yang ingin membuat anak balitanya menjadi lebih cerdas.
pada posting sebelumnya telah saya jelaskan cara yang bisa dipergunakan untuk mengajari anak membaca dengan menggunakan cara manual, yang saya sebut teknik QIROATI. karena pada dasarnya mengikuti metode qiroati(cara membaca alquran untuk islam).cara ini cukup cepat untuk mengajari anak alita membaca.

cara lain yang sedang trend saat ini adalah mengajari anak membaca dengan menggunakan “flash card”. Flash card adalah kartu permainan yang dilakukan dengan cara menunjukkan sebuah kartu secara cepat. hal ini mampu memicu otak balita dalam menerima informasi di hadapan mereka.

Lalu, bagaimanakah flash card itu??

pada dasarnya saat ini sudah banyak tempat yang memperjualbelikan flash card denagn berbagai macam fungsi. jadi untuk memperoleh flash card secara instan bukanlah hal yang sulit. namun kita juga bisa membuatnya sendiri dengan kreasi pribadi, karena cara membuatnya pun sangatlah mudah.
Cara membuat flashcard:
1. Potonglah beberapa lembar kertas berwarna putih,
berukuran 10cm x 7cm. Tempelkan kertas di atas kertas tebal(karton) yang ukurannya sama dengan kertas berwarna putih.
2. Buatlah kartu sebanyak kata yang ingin dipelajari anak, dnegan ukuran yang sama sperti no 1.
3. Di setiap potongan, tulis besar-besar huruf/ kata yang diinginkan.jika kita mengajari anak membaca alfabet, tulislah huruf alfabet 1 kartu 1 huruf. jika kita mengajari anak membaca suku kata, tulislah suku per sku kata di tiap kertas tadi, dan seterusnya.
4. Warna kartu dan ukuran kartu dapat disesuaikan dengan kreasi(ukuran minimal 10cm x 7cm). dapat pula kartu diberikan gambar agar lebih menarik minat anak.

Bagaimana cara memainkannya??
1. Ambil 10 kartu flash(flash card)Tunjukkan kartu satu per satu, sambil membacakan kata yang tertera dengan jelas.pada saat awal dapat ditunjukkan secara lambat.
2. Ulangi lagi menunjukkan flash card sebanyak 5x(disesuaikan) dengan kecepatan yang lebih cepat.
3. Latih anak untuk membaca kartu dengan urutan yang sama sepert yang kita tunjukkan di awal, setelah itu acak kartu.
4. lakukan selama 15 menit, yang diakhiri dengan memuji anak dan melakukan tos ringan dengan anak.
5. hentikan kegiatan jika anak mulai bosan atau selingi dengan kegiatan yang lain.
6. ulangi hingga anak menguasai pada pertemuan berikutnya, kemudian ganti 5 kartu lama denagn kartu baru.ulangi permainan denagn cara yang sama hingga anak menguasai seluruh flash card yang diinginkan.
7. banyak kartu yang dimainkan dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.tambahkan kartu secara terus menerus hingga bertambah level kesulitannya.

mudah bukan???!!!
selamat mencoba ya